Wednesday, January 9, 2008

Buku Baruku: Kembalikan Anakku!


Aku baru tahu buku terbaruku sudah beredar setelah aku membuka situs http://www.mizan.com/ hari ini. Beberapa waktu lalu Mas Baiquni dari Mizan memberitahukan bahwa buku yang diberi judul Kembalikan Anakku! itu sudah dipajang lebih dulu di Jakarta, terutama di toko buku MP Book Point. Dia bilang di Bandung baru Januari ini dan aku belum tahu apakah buku tersebut sudah dipajang di toko-toko di Bandung.

Buku Kembalikan Anakku! berisi kisah penculikan Raisah Ali, Agustus 2007, yang sempat menggegerkan masyarakat Indonesia, bahkan melibatkan peran Presiden SBY ketika aparat kesulitan menemukan di mana gerangan Raisah.

Aku menyusunnya dari berita-berita yang muncul di berbagai media (koran, majalah, internet) dan wawancara langsung dengan Ali Said, ayah Raisah.

Berikut ini deskripsi tentang buku ini yang kukutip dari situs Mizan:

Pada 15 Agustus 2007, Raisah, anak perempuan berusia 5 tahun, diculik dalam perjalanan pulang dari sekolah. Sejak saat itu, selama 9 hari, perhatian seluruh Indonesia tertuju pada kasus penculikan paling menghebohkan tahun lalu itu. Berkat kesigapan polisi dan kerja sama keluarga korban, kasus ini dapat dipecahkan dengan cepat dan korban dapat pulang dengan selamat.

Kasus penculikan Raisah Ali penting untuk dikaji karena sesungguhnya ini hanyalah gunung es dari maraknya penculikan di Indonesia. Buku ini memaparkan secara kronologis kasus Raisah Ali dan menggambarkan langkah demi langkah upaya keluarga dan polisi menyelamatkan Raisah. Dilengkapi pula dengan berbagai data tentang penculikan dan tip-tip praktis untuk mencegah dan menghadapi penculikan. Oleh karena itu, buku ini amat penting dibaca oleh orangtua, guru, dan bahkan semua orang yang peduli akan keamanan masyarakat.

"Buku ini mampu memberikan gambaran kepada kita bahwa anak-anak pada dasarnya mempunyai hak untuk memperoleh perlindungan dari berbagai tindak kekerasan, termasuk penculikan." --Kak Seto, Ketua Komnas Perlindungan Anak

No comments: